Maturnuwun banget rika wis berkunjung nang blog kebanggan wong ngapak dan sekitarnya-Ora ngapak Ora kepenak-Maturnuwun

Ciri dan Penyebab Tutup Radiator Rusak yang Harus Anda Pahami!

Ciri dan Penyebab Tutup Radiator Rusak yang Harus Anda Pahami!
Anda harus paham ciri dan penyebab tutup radiator rusak agar dapat mengatasinya. Anda juga harus mengetahui tips merawatnya sehingga usia mesin kendaraan bisa awet.


 



Infongapak.com - Fungsi dari tutup radiator adalah untuk menjaga tekanan ideal dalam sistem pendinginan mesin oleh sebab itu Anda harus paham dengan ciri dan penyebab tutup radiator rusak. Dengan begitu, sirkulasi air dalam radiator menjadi lebih baik dan suhunya tidak akan naik setelah mencapai 100 derajat celcius.

Adapun ciri-ciri tutup radiator rusak yang harus Anda ketahui sebagai pemilik mobil, diantaranya seperti : 

  1. Katup Vacuum Valve Hilang atau Pecah 

Katup vacuum valve hilang, patah, atau pecah ditandai dengan mesin overheat karena tekanannya tidak stabil. 


  1. Karet pada Katup Pressure Valve Getas atau Pecah 

Pressure valve berfungsi untuk menjaga tekanan dalam saluran pendingin agar selalu stabil. Bila ada kerusakan cirinya yaitu karet pada katup pressure valve pecah, getas, atau pecah. 


  1. Reservoir Tank Radiator selalu Penuh 

Ciri kerusakan berikutnya yaitu reservoir tank radiator selalu penuh dengan air radiator. Selain itu, cairan pendingin dalam radiator serta saluran pendingin selalu berkurang. 


  1. Mesin Mengalami Overheat 

Ciri selanjutnya yaitu mesin mengalami overheat. Hal ini ditandai dengan kondisi saluran pada sistem pendingin yang lainnya tidak ada kebocoran atau kerusakan. 


  1.  Air Radiator Cepat Habis

Air dalam radiator cepat habis karena katup tekan dan katup vakum dalam radiator rusak. Hal ini menyebabkan sirkulasi air tidak optimal. 


Kalau sudah demikian, sebagai pemilik mobil yang selalu menemani kemana saja, Anda harus paham dan tahu bagaimana cara untuk merawatnya. Nah berikut ini ada beberapa tips yang bisa Anda ikuti. Yuk, simak dengan baik ulasannya di bawah ini, agar Anda bisa merawat radiator mobil dengan baik.

Ciri dan Penyebab Tutup Radiator Rusak, Ini Tips Merawatnya!


Mengetahui ciri dan penyebab tutup radiator rusak sangat penting sekali agar usia mesin bisa lebih awet. Di samping itu, Anda juga harus mengetahui penyebab tutup radiator rusak dan cara merawatnya yaitu : 

  • Penyebabnya adalah sembarangan membuka tutup radiator ketika mesin sedang panas. Solusinya, jangan membuka tutup saat mesin mobil sedang panas karena uapnya akan menyembur keluar sehingga dapat mencederai 

  • Sebab berikutnya yaitu sering membuka dan menutupnya. Solusinya jangan sering melakukan buka tutup karena akan membuatnya longgar 

  • Mengganti komponen tutup radiator asli yang berkualitas 

  • Jangan menggunakan barang bekas karena akan menggagalkan fungsi pendinginan mesin

  • Menjaga tutup radiator dalam kondisi baik akan memperpanjang usia mesin

Anda harus merawat tutup radiator agar kondisi mesin selalu prima sehingga bisa berusia panjang. Anda juga harus tahu ciri dan penyebab tutup radiator rusak agar segera bisa mengatasinya. Sangat mudah sekali bukan? Jadi intinya adalah, jangan anggap enteng berbagai macam masalah yang ada pada mobil. Meski hanya sebuah benda, mobil juga tetap harus dirawat dan dijaga performanya. Semoga bermanfaat yah!


,

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to " Ciri dan Penyebab Tutup Radiator Rusak yang Harus Anda Pahami!"

Posting Komentar

Maturnuwun banget rika wis komentar dengan santun

Postingan Populer